Kompetensi Dasar

Mencatat transaksi berdasarkan mekanisme debit dan kredit.

1. Ciri-ciri perusahaan jasa

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatannya menjual jasa

kepada masyarakat yang membutuhkannya. Contoh perusahaan jasa adalah:

jasa komunikasi, jasa hiburan, jasa perbengkelan, jasa penginapan,

jasa konsultasi dan profesi, jasa angkutan, dan lain-lain.

    • Karakteristik Jasa :

1. Mengedepankan pelayanan (citra diri yang positif) terhadap

konsumen atau pengguna jasa.

2. Mengedepankan perbedaan (keistimewaan) terhadap prodak

yang sejenis dengan jasa yang ditawarkan.

3. Jasa sangat memperhatikan kepuasan dan kesetiaan konsumen.

    • Ciri-ciri Jasa :

1.Jasa tidak dapat dilihat, dirasa, diraba, didengar, atau dicium

sebelum jasa itu dibeli / intangibility.

2.Jasa pada umumnya dijual terlebih dahulu, baru kemudian diproduksi dan

dikonsumsi secara bersamaan / inseperability.

3.Unsur jasa tergantung pada siapa yang menyediakan serta kapan

dan dimana jasa itu dilakukan / variability, dan

4.Jasa tidak dapat disimpan perishability.

2. Sumber pencatatan

Setiap transaksi keuangan mengakibatkan perubahan posisi keuangan.

Oleh karena itu,harus disertai dengan bukti-bukti pencatatan. Dalam hal ini,

banyak sedikitnyabukti pencatatan bergantung pada besar kecilnya kegiatan

usaha suatu perusahaan. Macam-macam bukti pencatatan,

di antaranya sebagai berikut.

1. Nota kontan, yaitu bukti transaksi jual beli yang dilakukan secara tunai.

2. Nota kredit, yaitu bukti mengkredit akun tertentu kepada langganan
(retur penjualan).

3. Nota debet, yaitu bukti mendebet akun tertentu kepada langganan
(retur pembelian).

4. Kuitansi, yaitu bukti transaksi untuk pembayaran sejumlah uang.

5. Faktur, yaitu bukti transaksi penjualan atau pembelian yang dilakukan
secara kredit.

——————————————————————————————————————————
Untuk file Kompetensi dasar 5.3 (PowerPoint) selengkapnya,
silahkan DOWNLOAD dibawah ini.
Tersedia format PDF dan Microsoft PowerPoint :

Advertisements