Kompetensi Dasar

Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa

Laporan Keuangan

Tujuan utama dari siklus akuntansi suatu perusahaan, yaitu untuk menyusun

laporan keuangan. Laporan keuangan adalah laporan yang memuat informasi

keuangan (financial) tentang akibat-akibat dari transaksi-transaksi keuangan

yang dilakukan suatu perusahaan pada suatu periode tertentu dan disusun

berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan.

Laporan keuangan yang pokok terdiri atas laporan laba/rugi, laporan perubahan modal,

neraca, dan laporan arus kas. Dari laporan-laporan tersebut, pihak-pihak yang

berkepentingan dapat mengetahui posisi, kondisi, dan perkembangan suatu perusahaan.

1. Laporan Laba/Rugi

Laporan laba/rugi merupakan laporan yang memuat informasi tentang ikhtisar

dari pendapatan yang diperoleh dan beban yang ditanggung perusahaan

selama periode tertentu. Jika jumlah pendapatan lebih besar daripada jumlah beban,

perusahaan akan memperoleh laba. Sebaliknya, jika jumlah beban lebih besar daripada

jumlah pendapatan, perusahaan akan menderita rugi. Dari laporan tersebut, pihak

yang berkepentingan dapat mengetahui besarnya laba yang diperoleh atau rugi yang

ditanggung perusahaan selama periode tertentu. Bentuk laporan laba/rugi tidak selalu

sama antara satu perusahaan dan perusahaan lain. Pada umumnya ada dua bentuk

laporan laba rugi, yaitu bentuk single step dan multiple steps.

2. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal merupakan ikhtisar yang menyajikan modal

perusahaan beserta perubahannya dalam suatu periode tertentu.

Dalam laporan perubahan modal terdapat unsur-unsur:

    1. Jumlah modal awal
    2. Penambahan modal (investasi) jika ada
    3. Sisa laba atau rugi
    4. Pengambilan untuk kepentingan pribadi (prive)

——————————————————————————————————————————
Untuk file Kompetensi dasar 5.7 (PowerPoint) selengkapnya,
silahkan DOWNLOAD dibawah ini.
Tersedia format PDF dan Microsoft PowerPoint :

Advertisements