Kompetensi Dasar

Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jasa.

1. Menyusun neraca saldo berdasarkan saldo dalam buku besar.

Neraca saldo adalah suatu dokumen yang berisi saldo-saldo akun buku besar.

Tujuan pembuatan neraca saldo adalah sebagai berikut:

a. Untuk menguji pembuatan neraca debit dan kredit dalam akun buku besar

b. Untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan

Neraca saldo disusun pada setiap akhir periode akuntansi dengan tujuan memeriksa

kembali keseimbangan dan kebenaran jumlah debet dan kredit yang ada

dalam buku besar.  Data yang ada dalam neraca saldo diambil dari saldo setiap akun

yang ada dalam buku besar.

2. Membuat jurnal penyesuaian

Setelah penyusunan neraca saldo pada suatu periode akuntansi selesai dilakukan,

beberapa saldo pada neraca saldo dapat langsung dipindahkan ke laporan keuangan,

tetapi ada juga beberapa saldo akun tertentu yang masih harus disesuaikan

dengan keadaan yang sebenarnya. Akun tersebut disesuaikan dengan membuat

ayat jurnal penyesuaian. Dengan demikian, ayat jurnal penyesuaian dapat diartikan

sebagai ayat jurnal yang dibuat untuk menyesuaikan atau memperbaiki saldo akun

ke saldo yang sebenarnya pada akhir suatu periode akuntansi. Hal yang memerlukan

penyesuaian, di antaranya transaksi yang belum dicatat dan transaksi yang sudah dicatat,

tetapi pada akhir periode diperlukan penyesuaian.

3. Membuat kertas kerja.

Semua data akuntansi perlu diikhtisarkan dalam suatu kertas kerja (work sheet)

yang berguna sebagai alat bantu dalam membuat laporan keuangan.

Nama lain untuk kertas kerja, yaitu neraca lajur. Kertas kerja merupakan lembaran

berlajur-lajur sebagai media pencatatan neraca saldo, ayat jurnal penyesuaian,

dan untuk mengikhtisarkan semua data akuntansi sehingga dapat memberikan

 gambaran tentang laba/rugi perusahaan, saldo akhir harta, kewajiban,

dan modal yang disusun secara logis.

Dengan demikian, fungsi dari kertas kerja, antara lain sebagai berikut.

1. Kertas kerja berguna sebagai alat bantu untuk mempermudah proses
penyusunan laporan keuangan.

2. Kertas kerja berguna sebagai alat bantu dalam proses penutupan
akun buku besar.

——————————————————————————————————————————
Untuk file Kompetensi dasar 5.6 (PowerPoint) selengkapnya,
silahkan DOWNLOAD dibawah ini.
Tersedia format PDF dan Microsoft PowerPoint :

About these ads